Profil LPM

Profil LPM UTA’45 Jakarta

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi adalah proses penetapan dan pemenuhan standar pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga pemangku kepentingan (stakeholders) memperoleh kepuasan.

SPMI adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara mandiri untuk menetapkan, melaksanakan, mengevaluasi serta mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Sistem penjaminan mutu dilandasi oleh UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Mengacu pada landasan tersebut, maka UTA’45 Jakarta menetapkan pembentukan Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) di tingkat universitas, sesuai Keputusan Rektor: Nomor: 260.B/SK-REK/PSPMI/VIII/2012 tanggal 20 Agustus 2012, sebagai lembaga yang berwenang untuk menjalankan SPMI.

SPMI dilakukan melalui langkah utama PPEPP, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan. Perguruan tinggi dikatakan bermutu bila mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya, dan mampu memenuhi kebutuhan stakeholders, yaitu kebutuhan masyarakat, dunia kerja, dan professional, sehingga perguruan tinggi harus mampu merencanakan, menjalankan, dan mengendalikan suatu proses yang menjamin pencapaian mutu.

Tujuan penjaminan mutu adalah memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan, yang dijalankan secara interval untuk mewujudkan visi dan misi universitas, dan memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi.

Hal tersebut dapat dilaksanakan secara internal oleh perguruan tinggi, dikontrol dan diaudit melalui kegiatan akreditasi oleh BAN PT dan LAM, sehingga obyektifitas penilaian terhadap pemeliharaan dan peningkatan mutu akademik secara berkelanjutan dapat diwujudkan.

Sesuai SK Rektor Nomor : 260.B/SK-REK/PSPMI/VIII/2012, tanggal 20 Agustus 2012 LPMI UTA’45 Jakarta dibentuk. LPMI telah mengalami restrukturisasi beberapa kali, yang adalah sebagai berikut:

Tahun 2011 – 2012                 : Ketua SPMI  : Hasan Rachmat, DEA, Apt

Tahun 2012 – 2013                 : Ketua SPMI  : Virgo Simamora, MBA

Tahun 2013 – 2017                 : Ketua SPMI  : Rudyono Darsono

Tahun 2017 – 2023                 : Ketua LPMI  : apt. Drs. Stefanus Lukas, M.A.R.S.

Tahun 2023 – Sekarang          : Ketua LPMI  : apt. Drs. Fauzi Kasim, M.Kes.